Kiat Mengatasi Kantuk yang Kerap Datang saat Berpuasa

aura.co.id | 23 April 2020 | 13:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ramadhan sudah di depan mata. Secara fisik, selain lapar dan haus, tantangan lain yang dihadapi orang berpuasa adalah menahan rasa kantuk yang sering menghadang saat tengah bekerja atau beraktifitas.

Ngantuk  tak hanya karena perubahan pola tidur namun juga metabolisme dan kondisi tubuh. Hal ini wajar terjadi, mengingat rendahnya kadar glukosa dalam darah saat berpuasa.

Ditambah pula kurangnya zat besi dalam tubuh dimana menyebabkan kadar oksigen dalam otak berkurang, hingga akhirnya membuat tubuh lebih cepat lemas dan mengantuk. Namun rasa kantuk ini dapat diatasi secara efektif dengan menjaga asupan makanan saat sahur agar tak memicu rasa kantuk di siang hari.

Caranya dengan memperhatikan makanan yang disantap saat sahur. Ini dapat dimulai dengan memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan serta mencukupi kebutuhan air putih.

Utamakan buah dan sayuran yang mengandung vitamin c sehingga penyerapan zat besi efektif oleh tubuh.

Sementara air putih sebaiknya dicukupi delapan gelas sehari dengan cara dibagi porsinya saat waktu sahur, berbuka puasa dan malam hari menjelang tidur.

Penting pula untuk mengonsusmi makanan dengan karbohidrat kompleks saat sahur. Selain memberikan rasa kenyang lebih lama, pilihan ini juga membantu proses penyerapan dan pemecahan karbohdirat lebih lama dalam tubuh sehingga tak menyebabkan rasa kantuk di siang hari.

Makanan dengan karbohdirat kompleks dapat diperoleh dari makanan seperti nasi merah dan pasta. Sementara, pilihan nasi putih lebih baik dihindari.

Kemudian, yang terpenting adalah menjaga pola tidur agar jam tidur tetap tercukupi meski harus bangun saat waktu sahur.

Dengan ini, rasa kantuk diharapkan tidak lagi menyerang di siang hari dan Anda tetap dapat menjalani kegiatan dengan produktivitas tinggi.

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait